Cara merawat Baterai Laptop


Baterai merupakan hal yang paling vital dalam laptop kita, secanggih apapun laptop yang kita miliki bila tidak didukung oleh baterai yang mumpuni saya rasa akan mubadhir juga. Tentu kita menginginkan performa baterai yang bagus, tahan lama. Saat kita membeli laptop yang baru tentu saja baterainya masih bisa bertahan lama, berbeda jika umur laptop sudah mencapai satu tahun mungkin kualitas baterai sudah menurun drastis, ini bisa menghambat pekerjaan kita. 

Baterai bisa mempunyai umur yang lebih lama bila kita tahu cara merawatnya. Dan pensuin dini baterai dapat kita hindarkan, berikut resepnya:
  • Saat anda pertama kali membeli laptop Charge dulu baterai sampai penuh. Charge secara normal tidak perlu sampai 7 atau 9 jam, karena baterai jenis Lithium-Ion berbeda dengan jenis Nickel Based yang memang memerlukan cara Charge seperti itu.
  • Jangan biarkan baterai habis sama sekali. Baterai jenis Lithium-Ion yang banyak di pakai laptop saat ini tidak boleh dipakai hingga habis sama sekali. (kebanyakan laptop sekarang sudah mempunyai fitur Auto Hibernate)
  • Isilah baterai hingga benar benar penuh sampai 100% sebelum anda melepaskan pengisian.
  • Jangan memakai laptop anda dalam jangka waktu yang sangat lama. karena ini akan membuat baterai mengalami overheat atau terlalu panas hingga merusak baterai.
  • Jika anda berencana tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama (+/- 3 bulan) sebaiknya lepas baterainya, usahakan kondisi baterai sudah rendah. Kondisi baterai 100% saat dilepas sebenarnya tidak baik.
  • Saat anda melepas dan menyimpan baterai simpanlah di tempat yang sejuk dengan kapasitas 40%.
  • Usahakan sirkulasi udara berjalan lancar agar menghindari overheating/panas yang berlebih (bisa menggunakan kipas angin yang di arahkan ke laptop dari jauh)
  • Jangan meletakan laptop di atas benda empuk seperti kasur, sofa dan lainya saat laptop di gunakan.
  • Jangan sampai terkena air, biarpun terkena sedikit dan bisa dibersihkan dengan lap tapi itu bisa mngakibatkan korosi.
Demikian cara cara simpel untuk merawat batera anda, cara yang simpel dan semua orang dapat melakukanya. Umur baterai ada pada perhatian anda.
Bagikan artikel ini :


Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment